Monday, May 22, 2017

MY VERY FIRST SOLO TRAVELLING IN BALI PART III

Hari Ke-3

Seperti biasa aku menghabiskan pagi hariku dihotel dengan sarapan dan berenang. Seperti yang ku katakan, breakfast here is beyond my expectation. Gue betah berlama lama di restaurant hotel, siapa tahu bentar lagi udah laper lagi wqwq. Setelah sarapan dan renang, balik ke kamar. Meratapi nasib. Duit gue tinggal Rp 50.000. I dont have any money in ATM. Bener bener cuma tinggal Rp 50.000. Gimana caranya makan siang nih. Gimana caranya makan malem. Gue ngapain nih hari ini kalau nggak punya duit. Besok ke bandaranya gimana. Naik apa. Sampe bandara Jogja, pulang kerumahnya gimana. Pusing.

breakfast hotel yang endeus

Salah gue juga sih sebenernya dari kemarin nggak bikin perkiraan kalau duit bakalan abis wqwq. Tapi namanya Dina, orangnya tetep santai. Gue menghabiskan waktu sampai jam 12 siang dikamar hotel. Untung channel tv hotelnya banyak, lumayan nonton drama korea yang lagi ongoing. Cuman ya gitu, abis itu perut mulai kriuk kriuk. Gue memutuskan untuk beli popmie di minimarket terdekat. Pas mau ke minimarket, kebetulan lewat Wendys dan tiba tiba gue inget kalau gue masih punya saldo Tcash. Nah saldo Tcash tersebut masih bisa dipake buat beli menu makanan di Wendys. YEAAAH GUE BAHAGIA BANGET KAYAK ANAK KECIL DIKASIH PERMEN. Kayak gue melihat secercah harapan untuk hidup kembali di Bali wkwk.

Langsung aja tuh gue masuk Wendys, bayar pake Tcash, makan kenyang alhamdulillah. Setelah itu gue kembali takabur, “Jalan jalan ke Beachwalk lagi aaaah cuci mata. Palingan cuma bayar parkir doang”. Udah tuh gue puterin toko toko di Beachwalk dan cuma bisa mupeng aja. Terus tiba tiba ketemu sekumpulan bule yang lagi makan Ice Cream Dairy Queen dengan begitu lezatnya. OMG pengen banget. Nuraniku tersiksa. Disisi lain harus hemat, tapi disisi lain kepengen banget makan eskrim. Terus gue itung itung duit lagi. Duit masih sisa gopek. Beli eskrim paling 30ribu. Uber ke Bandara 20ribu. Ya pas banget lah. Paling ntar malem gue puasa aja nggak makan wkwk. Dan akhirnya aku lebih memberatkan untuk jajan eskrim. No regret sih, Ice Cream Dairy Queen ini enak banget. The best Ice Cream.

Sorenya balik lagi ke hotel. Gabut. Renang. Gabut. Renang. Gue ampe bolak balik kamar kolam renang kamar kolam renang saking bingungnya mau ngapain. Mau packing mager. Renang capek. Dikamar doang bosen wkwk.

Oh ya malam itu gue nggak jadi kelaperan wkwk. Gue inget pas fieldtrip ama anak anak TPHP, kita udah sempet mampir ke Toko Oleh Oleh Krisna. Dan pas disana gue beli beberapa kotak pie susu wkwk. Alhasil gue dinner pake satu kotak pie susu ini wkwk. Mohon maaf untuk beberapa temen yang nggak jadi kebagian oleh oleh. Maklum kelaperan wkwk.

Setelah mendapatkan sedikit energi huft akhirnya gue packing. EH Alhamdulillah ya Rabb pas packing nemu duit 20ribu dikantong celana. GUE BAHAGIA LAGI KAYAK ANAK KECIL DIKASIH PERMEN YEAH. Belum selesai packing, gue langsung ngeluyur keluar hotel buat cari makan.

Nah guys buat kalian yang bertanya tanya: Bisa nggak sih makan murah di Bali? Jawabannya bisa banget. Kalau siang siang gitu kalian bisa cari beberapa rumah makan padang. Dijamin murah dan halal. Ada juga warung warung khas jawa timur. Itu juga murah dan halal. Nah kalau malam juga bisa guys, cari aja warung warung lesehan nasi pecel lele gitu. Harganya emang nggak semurah yang di Jogja, tapi ya keitungnya masih murah kok. Ada juga warung warung bakmi Jawa gitu. Semuanya masih bisa dicari disekitaran daerah Kuta. Kalau masih nggak cukup juga duitnya? Yaudah kepaksa aja lah makan popmie wkwk.

Oh ya guys, buat kalian yang pengen cari informasi tentang cafe atau restaurant di Bali, kalian bisa check zomato Di website tersebut, kalian bakal dikasih rekomendasi cafe/restaurant sesuai preferensi kalian. Misal kalian cari yang fine dining, low budget, atau sekedar mau cari dessert, coffee, atau yang khusus vegetarian, semuanya ada dan informasinya lengkap. Dari foto foto, lokasi, review menu, dan daftar harga, Kalau tripadvisor kan cuma ngasih rekomendasi ama review aja ya, kalau zomato ini dia lengkap banget.

Jadi biasanya nih guys, sebelum berangkat ke Bali gue udah googling dulu nih cafe cafe mana yang recommended. Terus gue cek in satu satu di zomato, kira kira mana yang masuk di budget dan menu nya sesuai dengan yang gue mau. Pokoknya website yang satu ini sangat membantu ketika gue lagi di Bali. Kalau perlu, kalian download aplikasinya aja guys di Playstore.

Oh ya lanjuut. Malam itu gue akhirnya makan di lesehan pecel lele. Gue beli Pecel lele seharga 15ribu. Lumayan masih sisa 5ribu wkwk. Karena sombong punya duit goceng, gue akhirnya muter muter jalanan Seminyak. Ngeliatin keramaian Seminyak. Pas lewat depan Mirror "Anjir, ini nih yang bikin gue miskin". Jujur aja gue muter muter tanpa ngeliat peta, cuman ngikutin jalan aja mana yang rame, mana yang banyak cafe cafenya. Kemudian, ada satu cafe yang menarik perhatianku. Aku lupa namanya wkwk. Tapi didepan tokonya tertulis "ALL ITEM DISC 50%". Tanpa ragu gue masuk aja. Kyaaaa ini sih surga banget. Jadi ini semacam toko bakery gitu lah. Ada cake, bread, cupcake, dan lain lain. Sumpah kalau punya duit 20ribu aja, gue udah bisa membawa pulang 2 slice Red Velvet. Lah ini, gue cuman ada goceng doang wkwk. Eh tapi terus ada yang harganya jadi 4ribu hahaha. Kayak muffin gitu. Terus karena udah keburu kepengen, yaudah gue beli aja wkwk. Kemudian aku pulang dengan tangan kosong.

Malam terakhir di Siesta Legian. Gue harus bilang kalau kamar gue disini benar benar nyaman. Setiap malam gue selalu tidur dengan nyenyak. Begitu juga malam ini.
KYAAA GUE BANGUN KESIANGAN. Padahal udah aku alarm nih buat bangun jam 7, eh baru bangun jam 8. Tapi pikirku yaudahlah gapapa. Toh flight gue masih jam 11. Masih sempet ini sarapan dulu. Dengan santainya gue sarapan. Terus packing terakhir dan cek cek in barang biar nggak ada yang ketinggalan. Clear! Gue langsung pesen uber. Alhamdulillah dapet diskon ubernya. Jadi dari hotel ke Bandara cuma 15ribu doang wkwk. Duit didompet gue cuman sisa 5ribu hahaha.
Pas ampe bandara pas mau masuk, gue liat e-ticket dong DAN TERNYATA GUE SALAH LIAT JADWAL. YANG GUE LIAT ADALAH JADWAL PESAWAT AMPE DI BANDARA JOGS!

Sumah ini gue goblok banget sih. Bisa bisanya salah liat jadwal. Untung gue datengnya cepetan. Waktu itu tinggal 20 menit lagi menuju boarding. Gue harus berlari lari di Bandara Ngurah Rai yang super luas. Gue gabisa bayangkan kalau gue ampe ketinggalan pesawat dan duit didompet gue cuman ada goceng doang. Ya Allah super capek dan super gembel bentukan saya. Tapi Alhamdulillah, I can barely make it ontime. Pas banget. Udah hampir disinisin petugas bandara wkwk.

Yeay begitulah perjalanan saya selama di Bali 3 hari. Penuh ups and downs tapi overall sangat menyenangkan. Sekali lagi gue harus bilang, Bali never dissapoint me.