Saturday, February 15, 2014

Untuk Abu

Liburanku bersama abu. Atau mungkin liburanku dan abuku. Liburan dalam abu. Abu dan sisa sisa hari liburku. Judul apa yang cocok? Yah sudahlah, apa yang terjadi pada alam tidak bisa kita sesalkan. Yang bisa kita lakukan, hanyalah mengintrospeksi diri sendiri. Dan tentunya harus tetep bersemangat. Yeah!

Pagi ini kuhabiskan bersama ayahku dengan teman temannya untuk membersihkan lingkungan sekitar rumah yang masih tertutup abu abu. Meski sudah memakai masker, rasanya masih saja bikin sesak. Ya Allah mudahkan hamba melewati ini semua.

Dan yang lebih membuat dongkol, walaupun sudah dibersihin gimana gimana, debunya tetep nggak mau ilang. Masih aja nempel disitu. Di jalan, di tanaman, di motor, di sandal aku.....

Kasihan apalagi si papa, udah nggotong ember isi air berkali kali, tapi ya tetep aja kotor gitu. Rasanya si papa udah gatel pengen nyuci motor, tapi segera ku cegah aja, dari pada si papa patah hati. Ini feelingku kalau motor dicuci, nanti atau besok pasti bakalan kotor lagi, soalnya jalanan aja masih debu debu doang isinya.

karena sudah terlalu bosan dirumah, saya memutuskan untuk keluar melihat lihat suasana sekitar. sekalian ngisi stok kulkas yang bener bener kosong cuma ada air. 

Beuhh jalanan jogja, parah ini, nggak ada apa apa nya hujan abu yang tiga tahun lalu. Jalanan full abu. sampe aspalnya ketutupan semua. Nggak ada pemandangan hehijauan di jalan, pohon pohon semuanya warnanya putih, dan kalau ketiup angin, debu nya betebaran dimana dimana. Astaghfirullah. Dan yang parah, ada beberapa jalan yang isinya beneran cuma kabut semua, jarak pandang nya mungkin cuma sekitar lima meter. 

Ini sih kayak salju, tapi kalau debu gini isinya saya juga nggak kuat :(

Diantara pemandangan ini, syukurlah masih ada orang orang baik yang rela kotor kotoran demi membagikan masker dijalan ataupun menggalang dana untuk bencana. Subhanallah. Ya Allah, berikanlah balasan kebaikan untuk orang orang seperti mereka. Terharu jujur ngelihatnya. 

saya jadi ngerasa bersalah kalau saya masih mengeluh terus dengan kejadian ini. 

Nggak cuma itu, saya juga jujur agak sedikit tertegun ngeliat banyak orang yang pada kerja bakti. Biasanya kerja bakti waktu 17 Agustus nggak gini gini amat. Tapi ini beneran, semuanya meluangkan waktunya, membersihkan kampung bersama, saling tolong menolong, aaaah pemandangan langka ini! 

Tuhkan pasti ada hikmah dari setiap peristiwa yang ada.

Katanya juga, kelak abu vulkanik yang jatuh ini bakalan menyuburkan tanah yang ada.  Subhanallah.






No comments:

Post a Comment